Home » » Cara Mengatasi Gagal Restore Backup Rom Di CWM

Cara Mengatasi Gagal Restore Backup Rom Di CWM

Penyebab restore rom android android gagal - kali ini saya mau berbagi tips mengenai backup restore rom android yang pernah mengalami kegagalan. Saya punya pengalaman saat ponsel galaxy young saya tiba tiba bootlop karena ulah saya sendiri dan semoga pengalaman ini dapat membantu teman teman yang mungkin memiliki masalah yang sama.

Ceritanya begini, semalam saya iseng iseng mencoba menghapus beberapa file system yang saya anggap tidak begitu saya penting. padahal yang saya hapus hanyalah file fmradio.apk dan juga  emailwidget.apk beserta file odex nya. Ritual seperti biasanya،sebelum mengotak-atik ponsel pasti saya backup dahulu via CWM.setelah ponsel saya reboot malah bootlop.

Setelah sekian lama saya utak atik dan menghapus beberapa file yang telah saya sebutkan diatas, tiba tiba saja ponsel android saya menjadi bootlop dan tidak dapat menyala seperti sedia kala. Kemudian saya pun mencari tutorial mengatasi bootlop samsung galaxy young ( ponsel yang saya gunakan waktu itu adalah samsung galaxy young GT - S5360 ).

cwm galaxy young

Baca juga : Cara root dan unrooting samsung galaxy young

Namun setelah googling kesana kemari hanya tutorial flashing dan melakukan restore rom dengan menggunakan CWM, sedangkan rom yang sebelumnya saya backup tidak pernah bisa di restore alias selalu gagal.

Usut punya usut ternyata versi CWM saya yang TIDAK cocok dengan galaxy young saya, CWM tersebut hanya bisa buat membackup rom saja namun tidak dapat digunakan untuk melakukan restore rom. Kemudian saya pun mencoba beberapa versi CWM yang akhirnya menemukan CWM yang cocok dan bisa dipakai untuk merestore rom yang sebelumnya saya pernah backup tadi.

Nah bila kawan kawan mengalami hal serupa jangan diambil pusing, coba dahulu mencari CWM recovery yang benar benar pas dan cocok dengan type ponsel yang sobat miliki.
singkat cerita,saya googling dan coba mendownload cwm jellyindonesia di blog nya mas ucupbudug.wordpress.com dan saya coba kembali merestore dan berhasil 100%.

Baca juga : Tutorial backup aplikasi android tanpa root

Catatan***
Pastikan anda memiliki cwm yang benar benar cocok untuk jenis ponsel yang sobat miliki,cobalah melakukan backup kemudian restore untuk memastikan cwm yang anda miliki bekerja dengan sempurna.


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement