Home » » Apa Sih Penyebab Android Menjadi Lemot

Apa Sih Penyebab Android Menjadi Lemot

Penyebab HP android lemot - mungkin banyak teman teman yang saat ini mengalami masalah ponsel android menjadi lambat ketika dioperasikan. Tentu sangat menjengkelkan bila hal ini terjadi sedangkan kitanya sedang dalam keadaan terburu buru, rasanya ingin sekali membanting ponsel android kita hingga hancur berkeping keping.

Namun tahukah anda bahwa ponsel android yang lemot tersebut juga diakibatkan karena beberapa hal yang mungkin saja tidak pernah anda ketahui, sehingga jika ponsel anda mulai melambat sering kali anda memaki maki ponsel layaknya orang stress bahkan menggerutu sendiri bukan. Adapun kenapa ponsel android menjadi lebih lambat dari biasanya diantaranya adalah sebagai berikut :

android lemot


1. Kapasitas RAM terpakai semua

Salah satu fungsi dari RAM adalah untuk mengakses memory secara random pada beberapa aplikasi di android, sehingga bilamana kita akan membuka sebuah aplikasi menjadi lebih cepat. Terkadang banyaknya aplikasi yang terinstal didalam smartphone android menjadikan RAM ini mengakses secara bersamaan aplikasi aplikasi terinstal dan menjadikannya penuh sesak, alhasil ponsel sering terjadi stuk atau hank ( macet ). Untuk mengatasi hal ini silahkan anda bisa menghapus proses ram yang sedang berjalan.

Baca juga : Cara agar ponsel android kinerjanya ringan tanpa aplikasi


2. Memory internal yang sudah penuh

Terlalu banyaknya file file seperti gambar atau foto yang disimpan didalam memory internal juga akan membuat kinerja ponsel menjadi menurun. Jika kalian memiliki koleksi foto yang terlalu banyak alangkah baiknya anda simpan di dalam komputer atau memindahkannya kedalam flasdisk.

Walaupun toh file poto tersebut kalian simpan didalam memory external jika jumlahnya ratusan foto juga akan membuat ponsel menjadi lambat berjalan, hal ini dikarenakan adanya file .tumbnails yakni sebuah file hasil copy seluruh file gambar baik yang tersimpan didalam memory internal ataupun external. Fungsi dari file tumbnails ini adalah mempercepat proses menampilkan koleksi foto jika kalian sedang membuka galery photo.

Untuk mengatasi hal ini adalah pertama silahkan hapus file foto yang tak dibutuhkan dan memindahkannya ke media penyimpanan lain. Selanjutnya silahkan file .tumbnails yang tersembunyi secara hidden didalam folder DCIM didalam device storage, caranya silahkan anda buka File saya, pilih device storage, kemudian cari file dengan nama DCIM. Selanjutnya tab tombol menu,pengaturan dan centang " tampilkan file tersembunyi ". Dengan cara ini anda akan bisa melihat sebuah file bernama .tumbnails dan silahkan untuk dihapus.

3. Banyaknya cache aplikasi di dalam ponsel

Setiap aplikasi memiliki file file cache yang akan tersimpan kedalam memory internal. Jika anda salah dalam melakukan penghapusan file aplikasi yang mungkin sudah tidak kalian butuhkan bisa jadi file cache atau sampahnya tertinggal didalam perangkat. Maka dari itu jika kalian ingin meng uninstal aplikasi sebaiknya di clear data terlebih dahulu barulah dilakukan uninstall. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi lain seperti CC cleaner dan sebagainya untuk membersihkan file sampa dari dalam ponsel.


4. Terlalu banyak menginstal aplikasi tidak berguna

Yang terakhir adalah banyaknya aplikasi yang tak berguna yang terinstal didalam ponsel android, biasanya kebanyakan adalah aplikasi game yang sudah tidak dimainkan namun tidak di uninstal. Terlalu banyaknya aplikasi tak berguna seperti ini juga dapat memberatkan kinerja dari ponsel android kesayangan, jadi jangan mengeluh HP nya lemot jika aplikasi yang terinstal jumlahnya segudang.

Baca juga : Tips mengatur jaringan internet android agar stabil

Nah itulah tadi beberapa penyebab umum kenapa ponsel android menjadi lemot. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya. http://trendingdroid.blogspot.com/


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement