Home » » Tips Cara Menyembunyikan File Folder Di Android

Tips Cara Menyembunyikan File Folder Di Android

Menyembunyikan sebuah file folder terkadang ada baiknya,hal ini memungkinkan kita dapat mengamankan file file tertentu didalam ponsel android agar tidak diketahui atau diacak acak oleh orang lain.

Coba bayangkan bila suatu ketika ponsel kita sedang dipinjam oleh teman,kemudian sengaja atau tidak ada sebuah folder milik kita yang dianggap penting dihapus begitu saja tanpa permisi. Iya kalau isi didalam folder tersebut bisa didapatkan kembali,bila misalkan isinya foto dan hanya satu satunya lalu dihapus pula,kan ber ABE jadinya.

Untuk mengamankan file penting di android sebenarnya sangat mudah sekali,bahkan tidak memerlukan aplikasi khusus untuk menyembunyikan file tersebut. Apakah anda penasaran?.

folder android hidden
Cara menyembunyikan atau istilah gaulnya cara hidden file folder di android cukuplah anda rubah namanya saja ( RENAME ) dengan menambahkan tanda titil di awal nama file. Sebagai contoh adalah begini :

Anda memiliki satu buah file folder di ponsel android yang berisi video bla bla bla atau foto bla bla bla dengan nama foldernya adalah

VIDEOKU

cukup anda rename saja file nya dengan menambahkan tanda titik ( . ) menjadi :

.VIDEOKU

maka secara otomatis file tersebut akan menghilang ( terhidden ) dan hanya anda yang dapat membukanya atau mengembalikannya menjadi unhidden lagi.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah "Bagaimana cara mengembalikan,memunculkan atau meng - unhidden file "?

Caranya juga sangat simple,cukup anda buka app file manager/file saya, kemudian klik tombol menu kemudian pilih pengaturan. Selanjutnya berilah tanda centang pada kotak dialog yang bertuliskan 'tampilkan file yang tersembunyi', selanjutnya klik tombol back dan file yang sebelumnya kalian hidden tadi akan muncul dengan tampilan yang sedikit buram yang menandakan bahwa folder tersebut sebenarnya masih terhidden. Untuk mengembalikan atau meng unhidden anda bisa merename file folder yang diinginkan dengan menghilangkan titik di depan tadi.

Baca juga : Begini cara atasi pesan memori HP android selalu penuh

Nah bagaimana sangat mudah bukan untuk cara menyembunyikan folder folder di smartphone android yang anda anggap penting agar tidak seenaknya dilihat oleh teman atau saudara karena alasan tertentu :). Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement