Home » » Cara Atasi Memory Penuh Di Android Dengan Hapus File Thumbnail

Cara Atasi Memory Penuh Di Android Dengan Hapus File Thumbnail

Atasi memory penuh android - memang menjengkelkan sekali bila kita hendak mendownload aplikasi terbaru di google playstore yang kemudian kita mendapatkan notifikasi dari google play yang mengatakan bahwa tidak cukup ruang pada perangkat yang secara otomatis kita tidak dapat melakukan download aplikasi yang sedang kita inginkan.

Dan yang mengherankan lagi adalah kapasitas memory internal android ini besar diatas 4GB, kenapa bisa terjadi hal yang demikian ?. Memory yang penuh tersebut biasanya karena banyaknya file sampah maupun file cache aplikasi android tertentu seperti facebook, google+, bahkan aplikasi sejenis weechat yang bisa menghabiskan internal memory sampai sebesar 1GB.

Kenapa saya bilang begitu, sebab saya pernah mengalami memory internal habis padahal tidak memasang aplikasi apa apa. Setelah sekian lama saya obok obok, didalam folder weechat terdapat junkfile sebesar 1Gb lebih. sontak langsung saja saya hapus saja aplikasi tersebut beserta cachenya.


thumbnails

Dan selain aplikasi yang saya sebutkan diatas, ada sebuah file yang bernama .thumbnails yang mana file tersebut secara default terhidden. Fungsi dari folder thumbnails ini adalah untuk menyimpan cache dari file foto yang mana semakin banyak file foto tersimpan maka isi file .thumbnail ini pun semakin meningkat. Fungsi dari folder ini adalah guna mempercepat tampilnya berkas foto yang akan kita lihat didalam galery android. Dengan adanya file .thumbnail ini kita tidak harus menunggu lama gambar atau foto di android terloading alias langsung terbuka.

Namun ternyata keberadaannya malah membuat memory internal menjadi penuh, dan untuk mengatasinya anda tinggal menghapus saja seluruh isi folder .thumbnail ini dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama silahkan buka folder apfile saya, pilih semua file, kemudian pilih Device storage.
  • Selanjutnya cari folder bernama DCIM, setelah terbuka kemudian tab tombol menu sehingga muncul pengaturan, beri tanda centang pada kolom " tampilkan file yang tersembunyi ",kemudian back.
  • Maka disini kalian akan langsung menemukan file bernama .thumbnail dan bisa untuk langsung dihapus. Maka memory internal akan sedikit lebih lega karena file cache yang ada didalamnya ini terhapus seluruhnya.


Catatan***

  1. Cukup hapus file folder .thumbnails saja JANGAN menghapus file folder yang DCIM sebab file ini berisi foto asli dari jepretan kamera ponsel kita, sementara didalam .thumbnail hanyalah file cache yang memungkinkan ponsel dengan cepat membuka galerry foto.
  2. Pastikan juga setting pengaturan kamera, buat penyimpanan default di memory external.
  3. Pastikan setiap akan menguninstall aplikasi terlebih dahulu pilih hapus data aplikasi baru kemudian di uninstall.


Baca juga : Begini cara setting alarm di smartphone android

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi memory ponsel android yang penuh akibat banyaknya file file sampah didalamnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di share ke teman dan keluarga yang mungkin mengalami kejadian memory android penuh .


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement