Home » » Benarkah Baterai Android Bisa Bocor Bila Kelamaan Di Cas

Benarkah Baterai Android Bisa Bocor Bila Kelamaan Di Cas

Benarkah baterai terlalu lama di charger akan bocor? -  banyak sekali pengguna smartphone khususnya pengguna ponsel android yang masih belum mengetahui perbedaan ponsel jadul dengan ponsel saat ini. Dan tidak sedikit dari beberapa teman yang sering mengingatkan saya ketika saya mencharge ponsel terlalu lama dengan kata kata seperti ini "eh awas tar kelamaan di cas bocor baterai hp mu!".

Sebenarnya pernyataan seperti diatas tidak lah seratus persen benar, kenapa? Karena seiring berkembangnya tehnologi, ponsel smartphone saat ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat canggih dan salah satu fitur canggih yang ada didalam smartphone android yaitu fitur auto current cut, yang berfungsi untuk segera memutus aliran arus dari charger ke dalam baterai ketika baterai sudah terisi penuh.

android charging


Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir bila anda lupa mencabut charger ponsel anda ketika anda mencharger ponsel dan ditinggal pergi ( pergi dalam arti sebentar ya, bukan pergi pulang kampung selama 1 minggu penuh ). Namun alangkah baiknya sih segera cabut charger bila baterai ponsel sudah penuh karena hal ini demi keamanan semata dari kemungkinan terjadi arus konsleting listrik dirumah.

Ada lagi seorang teman yang bilang kalau sewaktu petama kali membeli ponsel, pada saat mencharger pertama kali biasanya harus sampai 7-8 jam atau lebih. Memang benar aturan ini ada di dalam buku pedoman pemilik, sebenarnya maksud dari pengecasan yang sangat lama ini adalah agar sel sel baterai dapat berfungsi dengan baik dan segera mendapatkan kinerjanya secara optimal dengan cepat.

Jadi tidak ada aturan untuk keharusan, melainkan hanya saran saja. Nah jadi cukup lakukan charger dengan waktu yang sewajarnya saja,biasa 2-3 jam waktu normal dan biarkan baterai mendapat kinerja optimalnya dalam beberapa hari kedepan(ingat point diatas bahwa baterai smartphone memiliki fitur auto current cut).jangan terlalu tergesa gesa untuk memaksakan optimalisasi baterai.

Baca juga : Tips cara merawat baterai android agar tahan lama

Itulah tadi artikel dengan judul benarkah baterai terlalu lama di charger akan bocor? mungkin cukup sekian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement