Home » , » Waspada Factory Reset Android Ternyata Belum Aman

Waspada Factory Reset Android Ternyata Belum Aman

Factory reset ponsel android - pernahkah anda menjual ponsel android lama anda atau tukar tambah dengan maksud untuk membeli ponsel android lain yang lebih canggih?.
apakah anda sudah menghapus semua data pada ponsel tsb sebelum menjualnya.yakin bersih!!!. Lalu bagaimana kah cara yang anda lakukan untuk menghapus seluruh data data pribadi anda tsb.

Pasti semua menjawab FACKTORY RESET semua data akan terhapus.nah yang jadi pertanyaannya adalah apakah anda yakin sudah terhapus dengan sempurna? Menurut laporan dari penyedia software antivirus terkenal AVAST dalam blog mereka https://blog.avast.com/, ternyata melalui cara factory reset tersebut tidak benar benar menghapus secara sempurna. Dengan software tertentu ternyata data yang telah dihapus secara factory reset  ini dapat di dimunculkan/ kembalikan lagi.


faktory reset android
source picture : Greenbot.com

Pihak avast telah melakukan pengujian dengan cara membeli ponsel bekas - pakai dari toko online EBAY. Saat akan dilakukan uji coba, ponsel ponsel tersebut tidak terdapat satu data personal pun dari end user. Dan mereka pun melakukan pengujian dengan merestore data data yang kemungkinan ada pada smartphone bekas menggunakan tool khusus. Avast menyebutkan mereka paling tidak berhasil merestore sekitar 40ribu foto diantaranya foto anak anak,keluarga,foto selvie,dll. Lebih dari 750 konten email dan pesan singkat sms.dan lebih dai 250 kontak ponsel dan alamat email.

Pihak avast juga menyimpulkan menghapus / mereset data dengan factory reset tidak akan menghapus dengan sempurna.salah satu cara untuk menghapus dengan aman adalah dengan cara menimpa data lama dengan data yang baru. Avast juga pernah mempertaanyakan hal ini kepada pihak GOOGLE, namun mereka belum memberikan jawaban. Bila anda memang hendak menjual ponsel android bekas anda, langkah paling tepat adalah dengan cara menginstal ulang rom android sehingga keseluhan data akan musnah dan tidak dapat diambil atau direcover kembali oleh orang lain.

Baca juga : Cara memperoleh banyak loot di game clash of clans

Nah maka dari itu sebaiknya anda berhati hati ketika menjual smartphone bekas android milik kalian yang mungkin dahulu didalamnya terdapat foto foto tak terpuji milik anda pribadi :). http://trendingdroid.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement