Home » » Tips Darurat Ketika Ponsel Terkena Air

Tips Darurat Ketika Ponsel Terkena Air

Tips darurat ponsel terkena air - air adalah musuh paling utama sebuah perangkat elektronik, terutama peralatan elektronik yang belum didesain anti air. Dan dari sekian banyak perangkat elekrtonik yang dimiliki oleh seseorang adalah ponsel atau HP yang selalu dibawa kemanapun mereka pergi. Kenapa air ini dikatakan musuh paling utama untuk perangkat elektronik khususnya ponsel ? Karena air adalah salah satu media yang mampu menghantarkan arus listrik yang baik, sehingga bila smartphone atau ponsel milik kalian terkena air bisa dikuatirkan dapat terjadi konslet dan rusak.

Dan kasus kasus seperti ponsel tersiram air akibat tidak sengaja hingga terjatuh kedalam bak air ketika disimpan disaku baju memang seringkali terjadi, bagi kalian yang pernah mengalami hal ini sebaiknya perlu waspada, siapa tahu HP anda rusak karena tindak kecerobohan ini. Namun jangan terlalu kuatir juga karena beberapa hal dibawah ini mungkin akan berguna dan menyelamatkan ponsel kesayangan anda yang terkena air baik disengaja ataupun tidak, silahkan disimak dengan baik tips mengatasi ponsel yang terkena air dibawah ini.



iphone 6 battery removed

1. Segera lepas baterai

Tindakan paling utama ketika ponsel tercelup atau tersiram air adalah dengan mencabut atau mengeluarkan baterai dari dalam ponsel. Dengan mencabut baterai dari ponsel bisa meminimalisir terjadinya konslet yang parah.

Baca juga : Cara percepat koneksi internet di android dengan setting APN

2. Membongkar dan mengeringkan ponsel

Setelah anda mencabut baterai dari dalam ponsel, tindakan selanjutnya adalah dengan cara mengeringkan ponsel yang terkena air tersebut dengan cara diangin anginkan sampai air yang mungkin menempel menjadi hilang. Anda bisa mengelap bagian bagian HP ini menggunakan lap kering halus untuk mempercepat proses pengeringan terutama pada bagian body atau chasing ponsel. Bila ponsel kalian ternyata tidak bisa dibuka / dibongkar ataupun anda tidak tahu cara membongkarnya, jangan dipaksakan karena masih ada alternatif lain guna mengeringan HP dari air kok.

3. Semprotkan alkohol 95% guna mengeringkan mesin HP

Alkohol yang memiliki kadar 95% ini selain gampang sekali menguap juga tidak bisa menjadi penghantar arus listrik sehingga cairan pembersih luka ini sangat bagus untuk membersihkan air yang menempel pada bagian mesin. Caranya cukup anda semprot bagian mesin HP / smartphone menggunakan cairan alkohol secara menyeluruh kemudian dikipas kipas sampai alkohol tadi menguap. Anda bisa juga menggunakan cairan cleaner khusus elektronik bila cairan tersebut tersedia dirumah anda karena hal ini jauh lebih baik lagi.

4. Rendam didalam serbuk silika atau beras

Setelah anda membongkar bagian dalaman ponsel dan sudah membersihkan bagian bagiannya dari air, langkah selanjutnya adalah dengan merendamnya kedalam butiran silika ataupun kedalam butiran beras, kenapa harus demikian ? Karena kedua bahan diatas sangat bagus untuk menyerap kelembaban yang ada pada perangkat elektronik yang terkena air hingga benar benar mengering. Menggunakan butiran silika jauh lebih cepat menyerap suhu lembab ketimbang beras, namun bila anda tidak menemukan silika, menggunakan beras adalah alternatif yang berbaik dan dapat diandalkan.

rendap ponsel dalam beras

Setelah ponsel anda telah mengering, bisa dirakit ulang dan dicoba untuk dinyalakan. Bila ternyata ponsel tidak bisa menyala ada kemungkinan anda terlambat untuk mencabut baterai sehingga konsleting pada mesin menjadi parah. Untuk ponsel yang terlanjur tidak bisa dinyalakan sebaiknya serahkan saja kepada ahlinya yakni tukang servis HP untuk melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang mengalami kerusakan.

Baca juga : Anda kecanduan smartphone ? Begini cara menyembuhkannya

Memang beberapa cara diatas adalah metode metode yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ponsel dari kerusakan akibat tercelup air, namun tidak menjamin bahwa cara cara tersebut mampu mengembalikan ponsel anda seperti sedia kala, yang pasti tips darurat diatas bisa meminimalisir tingkat kerusakan ponsel yang lebih parah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share :).


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement