Home » » Tips Ampuh Hilangkan Kecanduan Smartphone

Tips Ampuh Hilangkan Kecanduan Smartphone

Cara hentikan kecanduan gadget ponsel - kehadiran ponsel ponsel pintar di saat ini tentu akan membuat warna hidup anda menjadi lebih menarik karena anda dapat melakukan apapun, memiliki kenalan dimanapun tanpa harus keluar rumah, selain itu dengan memiliki sebuah ponsel juga dapat menimbulkan masalah yang lainnya berupa rasa ketidak nyamanan, loh kok bisa ?

Dari para pakar peneliti mengatakan jika seseorang terlalu atau bahkan sangat sering memeriksa ponsel cerdas mereka merupakan indikasi bahwa orang tersebut sedang depresi dan bahkan kecanduan dengan teknologi komunikasi yang satu ini. Bagi anda yang mungkin sudah sadar dan merasakan bahwa diri anda sedang kecanduan dan ingin sekali lepas dari hal ini, beberapa hal yang telah kami tulis dibawah ini mungkin akan bermanfaat bagi anda.

Cara menghilangkan kecanduan terhadap smartphone dengan mudah



1. Mematikan notifikasi ponsel

banyak sekali pengingat atau notifikasi yang biasanya kalian terima, mulai dari notifikasi facebook, twitter, sms, ataupun notifikasi lainnya pada ponsel yang kalian miliki. Dan karena hal inilah membuat anda sering sekali memeriksa ponsel yang imbasnya akan menurunkan produktivitas diri. Nah untuk menghindari hal yang seperti diatas, sebaiknya anda matikan beberapa notifikasi pesan yang tidak penting agar tidak mengganggu konsentrasi dalam berkerja atau beraktivitas. Kalian bisa memeriksa media sosial ataupun layanan gmail dalam waktu tertentu misalnya jam istirahat, memang nanti akan membuat kalian sedikit kerepotan untuk membalas satu persatu namun hal ini justru lebih baik.

Baca juga : Cara membedakan ponsel android asli dan palsu

2. Hapus aplikasi yang mengganggu

Bila langkah diatas masih belum bisa membuat anda berhenti dari kecanduan memeriksa ponsel, cara extrim ini mungkin bisa kalian lakukan yakni menghapus aplikasi yang tidak penting atau mengganggu anda, dalam artian yang sering sekali bunyi notifikasinya. Selain membuat anda lebih bebas dari gangguan bunyi notivikasi, menghapus aplikasi ini juga bisa membantu melegakan RAM smartphone kalian bukan :).
Setidaknya anda tahu aplikasi apa saja yang sekiranya penting untuk anda miliki dan mana yang tidak penting.

3. Aktifkan Mode Airplane

Fitur airplane mode ini digunakan untuk mematikan akses komunikasi internet antara ponsel dengan jaringan namun tetap mempertahankan ponsel tersebut menyala yang bertujuan agar sistem radar pesawat terbang tidak terganggu jalur komunikasinya antara pesawat tersebut dengan menara pengawas. Namun penggunaan airplane ini juga bisa kalian gunakan tanpa harus naik pesawat dahulu, di manapun anda berada bisa mengaktifkan fitur yang satu ini agar koneksi ponsel ke internet terputus, dengan begitu anda tidak lagi terganggu oleh notifikasi dari sosial media yang hanya akan membuat anda menunduk dan memperhatikan layar ponsel melulu. Selain akses ke internet dimatikan, ketika anda menyalakan fitur ini berarti anda juga tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun berkirim sms.

4. Pergunakan aplikasi manager yang bisa membantu anda melupakan smartphone sementara waktu

Jika kecanduan ponsel anda masih juga tidak bisa dihentikan, cobalah memanfaatkan aplikasi manager yang bisa membantu kalian untuk sedikit melupakan smartphone. Salah satu dari sekian banyak aplikasi jenis ini yang sangat berguna adalah BreakFree dimana aplikasi ini mampu memberitahu anda mengenai aplikasi mana saja yang membuat anda kehabisan waktu dan memberitahu seberapa seringkah anda memeriksa ponsel. Aplikasi lain yang tak kalah keren adalah StayOnTask yang bisa mengingatkan kepada anda bahwa ini adalah waktunya bekerja, bukannya memainkan smartphone.


5. Sembunyikan smartphone dari pandangan mata anda

Kalian juga bisa mencoba menyembunyikan ponsel kesayangan dilokasi yang sangat tidak memungkinkan bagi kalian untuk senantiasa memeriksanya. Contoh simpelnya adalah menaruh ponsel didalam laci, jangan lupa niat dan berjanji terhadap diri sendiri untuk tidak terus terusan memainkannya. Bila anda sedang dirumah cobalah lakukan kegiatan seperti menonton TV ataupun berkebun sehingga kalian bisa sedikit lupa dengan smartphone yang bisa membuat kecanduan ini.

Baca juga : Waspada kecanduan smartphone bisa buat anda cepat tua

Tips yang telah kami berikan diatas bukan ditujukan agar anda lupa dengan yang namanya smartphone dan tidak menanggapi notifikasi yang mungkin saja penting bagi anda, namun hanya membantu kalian agar mampu menyimbangkan dalam menggunakan sebuah ponsel pintar. Waspadalah terhadap sakit kepala dan sakit leher bila anda kecanduan smartphone dan tidak ingin mengatasinya. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement