Home » » Begini Cara Aman Menghindarkan Ponsel Android Dari Virus

Begini Cara Aman Menghindarkan Ponsel Android Dari Virus

Tips Menjaga HP Android Agar Tidak Kena Virus - Virus atau malware merupakah suatu hal yang paling dibenci oleh pengguna perangkat elektronik yang kebanyakan digunakan untuk berselancar didunia maya ( perangkat tersambung internet ) sebab keberadaan malware atau virus ini sangatlah merugikan pengguna baik itu komputer maupun ponsel.

Dan smartphone yang ber OS android ialah satu dari sekian banyak jenis perangkat elektronik ponsel yang tak luput dari serangan virus atau mallware meskipun banyak ponsel ber OS lain yang juga mengalami hal yang sama, namun smartphone android lah yang paling rentan terhadap serangan virus mengingat OS dari android ini bisa dikembangkan oleh siapa saja alis Open Source.


amankan android dari virus berbahaya

Untuk itulah anda sebisa mungkin menghindarkan ponsel android kesayangan dari yang namanya virus atau malware, dan beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menghindarkan ponsel android dari ancaman virus atau malware ialah sebagai berikut ini :

Cara cegah android terkena virus


1. Gunakan Aplikasi Terpercaya

Jika kalian membutuhkan aolikasi android yang ingin anda install, pastikan anda menginstall aplikasi hanya melalui google playstore atau langsung dari developer apps yang terpercaya demi menghindari adanya virus yang disisipkan disana,

Baca juga : Mitos baterai android bocor karena kelamaan di cas

2. Hindari Aplikasi Mencurigakan

Seringkali kita mendapati pengguna ponsel android yang ingin menginstall aplikasi berbayar namun tidak memiliki cukup uang untuk membelinya di google playstore, mereka memilih jalan lain yaitu mendownlad file apps di internet atau diluar google playstore. Padahal aplikasi yang didalam playstore saja masih ada yang disisipi virus oleh beberapa pengembang nakal, apalagi aplikasi yang diownload secara bebas diinternet, sebaiknya anda perlu hati hati untuk menginstall aplikasi semacam ini, dan sebaiknya disarankan anda tidak menginstall aplikasi dari sumber yang kurang jelas karena sangat rawan aplikasi tersebut disisipi oleh virus.

3. Aktifkan Fitur Keamanan

Didalam sebuah ponsel android terdapat sebuah fitur yang sangat berguna sekali untuk membantu anda menghalau virus android masuk kedalam ponsel cerdas tercinta kita. Fitur keamanan yang dimaksud adalah sebuah fitur yang memberikan filter terhadap  aplikasi mencurigakan yang hendak diinstal kedalam ponsel. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup gampang, anda tinggal masuk kedalam menu setting, pilih security dan beri tanda centang kotak Verify apps.

4. Lakukan Update sistem

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal virus android menyerang perangkat kita ialah dengan melakukan update sistem ke yang lebih baru bila ada pembaharuan sistem atau OS, hal ini tentu mengingat bahwa pembaharuan OS sudah dilengkapi dengan patch dimana virus biasa menyerang sehingga sistem lebih kuat dan kebal virus.

5. Pasang aplikasi antivirus

Beberapa tips selain yang diatas yang tak kalah penting ialah memasang aplikasi antivirus android yang sudah terkenal dengan kredibilitasnya seperti avast antivirus, AVG antivirus dan sejenisnya. Jangan pernah mencoba coba memasang anti virus yang belum anda kenal, sebab bisa jadi aplikasi yang mengaku sebagai anti virus tadi sebenarnya adalah virus ponsel. seram sekali bukan ?. Aplikasi anti virus terkenal di playstore bisa didownload secara gratis, lalu kenapa kita coba coba menginstall aplikasi anti virus lain yang tidak jelas asalnya ? Buat HP kok coba coba :).

Baca juga : Tips mengobati kecanduan smarphone paling ampuh

Nah itulah tadi berbagai tips dan cara agar ponsel android anda terhindar dari virus yang kemungkinan bisa mencuri data pribadi didalam ponsel ataupun merusak perangkat smartphone anda.


0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement